29 September 2016

Konsep Bumi Datar Pikir Sendiri Bag. 1

Assalamu alaikum,

Beberapa bulan terakhir ini pikiran saya disibukan dengan konsep yang sedang hangat di bicarakan terutama di dunia maya.
Pada awalnya saya kurang tidak menghiraukan video di youtube tersebut karena saya anggap pemikiran orang yang kurang kerjaan, namun akhirnya saya menonton juga video tersebut bahkan mendownloadnya dan menonton ulang.

Terus terang setelah saya mencoba berfikir apa yang saya lihat pemaparan pada video tersebut saya mulai menganggap bahwa teori bumi datar atau flat earth adalah teori yang masuk akal apalagi dalam kitab agama saya yang saya yakini kebenarannya dan tidak ada keraguan didalamnya tidak menyebutkan secara explisit tentang bentuk bumi, jadi teori/konsep apapun bisa menjadi mungkin.

Beberapa lama saya berfikir dan berfikir membuat pemahaman saya tentang bentuk bumi semakin cederung pada konsep teori bumi datar atau flat earth.walaupun masih banyak hal dalam benak saya yang harus dijawab.
Dalam pemahaman saya teori atau konsep ( selanjutnya saya akan memilih kata konsep). konsep bumi datar dalam pemahaman saya yang saya dapat dari tayangan di youtube adalah sebagai berikut:

  1. bentuk bumi adalah lingkaran piringan dengan permukaan atas yang kita tempati berupa dataran (rata/ flat).
  2. pusat lingkaran / piringan adalah kutub utara dan tepi/pinggir adalah kutub selatan yang melingkar mengelilingi bumi datar.
  3. bumi diam tidak berputar dan matahari berjalan diatas mengelilingi/mengitari bumi datar.
  4. matahari bisa terbit dan terbenam karena efek perspektif.
  5. ada lapisan pelindung bumi yang disebut kubah celestial ( lapisan tersebut tidak bisa ditembus oleh roket)
poin 1 s/d 5 tersebut adalah konsep dasar mengenai bumi datar yang saya pahami. kelima konsep tersebut bisa mungkin dan masuk akal.

saya coba menelaah satu persatu berdasarkan pengamatan panca indra tidak menggunakan alat.
  1. bumi ternyata datar dan tidak bulat : memang selama hidup ini saya merasa bumi yang kita pijak ini adalah dataran bukan bulat (globe) seperti bola. karena tidak pernah saya merasakan lengkungan bola bumi. hal ini mungkin
  2. kutub utara bumi adalah pusat lingkaran bumi datar dan kutub selatan melingkar mengelilingi bumi datar : hal ini tidak bisa diamati dengan panca indra
  3. bumi diam : saya tidak pernah merasakan bumi yang yang saya pijak bergerak ataupun saya bergerak bersama bumi. (hal ini mungkin). Matahari berjalan melingkar diatas bumi datar : ini adalah konsep Al Quran berarti ini tidak bisa tidak (berupa ketetapan). salah kalau saya menyangsikanya.
  4. dibahas tersendiri karena saya punya banyak pertanyaan
  5. kubah celestial : hal ini juga tidak bisa di amati dengan panca indra.
pada tulisan pertama ini saya hanya menuliskan berdasarkan dengan apa yang saya pahami setelah menonton video video yang di rilis oleh flater. bisa jadi pemahaman saya salah atau keliru. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar